Keunggulan Membayar Pajak Melalui Aplikasi E Billing

 

Aplikasi Ebilling Klikpajak

Zaman sekarang semuanya dilakukan secara digital, termasuk proses pembayaran pajak. Perusahaan sudah tidak perlu menggunakan Surat Setoran Pajak secara manual dan masyarakat juga tidak perlu repot – repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) untuk membayar pajak. Tidak perlu memakan waktu lama, hanya bermodal HP atau laptop dan juga akses internet langsung bisa membayar pajak perusahaan kapan saja dan dimana saja dengan membuka aplikasi e-billing

Awalnya pembayaran pajak dilakukan dengan caradatang langsung ke Kantor Kas Negara ( Administratie Kantoor Voor de Landkassen ). Seiring berjalannya waktu pembayaran juga dapat dilakukan di kantor pos atau bank dengan mengisi manual Surat Setoran Pajak dan kemudian membayarnya. Lalu berkembang lagi pada tahun 2013, pembayaran pajak bisa dilakukan melalui ATM tanpa harus datang langsung ke kantor. Namun, hanya bank – bank tertentu yang dapat melakukan pembayaran pajak, selain itu ada keterbatasan jenis pajak yang akan dibayarkan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, pemerintah mulai menemukan gagasan untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat aplikasi e-billing.

Lalu, apa sih keuntungan membayar pajak melalui aplikasi e-billing dibandingkan dengan cara manual? Simak penjelasan berikut ini.

1. membayar cepat dan mudah tanpa keluar rumah

membayar pajak dengan cara manual dinilai tidak efektif karena memakan waktu yang lama, dengan adanya aplikasi dari e-billingsangat memudahkan pembayaran pajak tanpa harus repot-repot keluar rumah.

2. memudahkan proses pengisian data Wajib Pajak

pengisian data Wajib Pajak dapat dilakukan hanya dengan mengisi melalui HP atau laptop.

3. Meminimalisir terjadinya human error yang dilakukan secara manual oleh teller bank/kantor pos

Dengan adanya aplikasi pada e-billingyang seluruh proses pembayaran pajak sudah ter system sehingga dapat mengurangi bahkan meniadakan terjadinya human error  oleh petugas teller bank / kantor pos. 

4. Mengurangi penggunaan kertas 

Membayar pajak menggunakan aplikasi akan membuat tingkat penggunaan kertas menurun karena pengisian data sudah menggunakan aplikasi. Sehingga metode pembayaran pajak dengan aplikasi e-billing dianggap lebih ramah lingkungan. 

5. Mempermudah Wajib Pajak untuk memperoleh informasi publik 

Dengan aplikasi e-billing dapat memudahkan wajib pajak untuk mengakses informasi – informasi yang dibutuhkan dalam proses pembayaran pajak seperti status pembayaran pajak. 

6. Mengganti tanda tangan menjadi kode verifikasi

Kode verifikasi ini dikirim ke Wajib Pajak untuk proses membayar pajak. Juga meminimalisir resiko pemalsuan tanda tangan. 

7. Transaksi yang terenskripsi dan aman

DJP berusaha untuk memberikan fasilitas dengan membuat aplikasi yang telah lulus uji DJP dan dijamin aman utun proses pembayaran pajak.

Pemerintah saja selalu berusaha melakukan trobosan untuk meningkatkan juga memperbaikimutu pelayanan nya kepada masyarakat. Alangkah baiknya apabila kita sebagai khalayak masyarakat menghargai usaha pemerintah tersebut dengan berusaha membayar pajak tepat waktu agar tercipta hubungan yang harmonis antara pemerintah dengan masyarakat. 

Penjelasan diatas telah memberikan pencerahan kepada kita semua bahwa dengan menggunakan aplikasi e-billing masyarakat bisa dengan mudah melakukan proses pembayaran pajak. Karena tujuan utama pembuatan aplikasi ini tidak lain dan tidak bukan agar masyarakat tidak merasa kesulitan dalam membayar pajak. Selain memberi manfaat kepada masyarakat, pemerintah juga ikut terkena hal baiknya karena aplikasi ini memberikan banyak keuntungan baik bagi masyarakat mapun bagi pemerintah. Ayo membayar pajak tepat waktu, masyarakat senang, pemerintah senang, negara senang, semua nya ikut senang.