Yuk Intip Jenis Barang yang Bisa Diekspor Beserta Ongkir ke Taiwan

 

Ongkir Barang Ke Taiwan

 

Proses pengiriman ekspor barang atau produk ke luar negeri sudah didukung dengan banyaknya jenis- jenis ekspedisi yang ditawarkan di Indonesia. Namun apakah Anda sudah mengetahui jenis barang apa saja yang bisa diekspor ke luar negeri? Yuk intip jenis barang apa saja yang bisa diekspor ke Taiwan beserta ongkir ke Taiwan. Simak informasinya berikut ini!

Jenis- Jenis Barang yang Bisa Diekspor

1. Produk Tekstil 

Jenis barang pertama yang bisa diekspor ke luar negeri yaitu jenis produk tekstil seperti baju, tas, kain, hijab, handuk, jaket, sepatu, dan masih banyak yang lainnya. Barang atau produk tekstil biasanya merupakan jenis produk yang sering di ekspor ke Taiwan dalam jumlah banyak. Selain itu, sudah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman ekspor dengan biaya ongkir yang terjangkau.

Dari banyaknya jenis produk tekstil Indonesia yang diekspor ke Taiwan, menjadikan  salah satu program yang mendukung UKM (usaha kecil menengah) di Indonesia. Selain mendukung pelaku UKM, pengiriman produk tekstil ke Taiwan dengan biaya ongkir ke Taiwan juga menjadi salah satu sarana pemasaran produk dalam negeri yang juga bisa mengahasilkan devisa bagi Negara Indonesia.

2. Makanan

Jenis produk yang satu ini juga sudah mendapatkan ijin untuk bisa diekspor ke beberapa Negara khususnya ke Taiwan. Pengiriman makanan ke luar negeri juga semakin banyak digemari apalagi jenis makanan ringan dan makanan yang khas dari Indonesia. Meski diperbolehkan melakukan ekspor makanan ke Taiwan, tapi ada beberapa kategori makanan yang diperbolehkan dengan sistem pengemasan khusus.

Jenis makanan yang memiliki bau-bauan yang khas dan kuat seperti terasi, ikan asin, petis, jengkol, pete dan yang sejenisnya. Pengemasan khusus bertujuan agar saat proses pengiriman ke luar negeri, barang tidak mudah bocor dan menimbulkan bau. Karena bisa saja menganggu proses pengiriman dan hala-hal lain yang tidak di inginkan. Pengiriman dengan jenis makanan tertentu juga mempengaruhi biaya ongkir ke Taiwan.

3. Kosmetik

Jenis barang yang bisa diekspor selanjutnya adalah kosmetik dan skincare. Seperti lipstick, bedak, lotion, toner, dan masih banyak yang lainnya. Produk ini sering sekali mengalami proses ekspor atau pengiriman ke luar negeri. Kosmetik dari Indonesia juga diperbolehkan masuk ke wilayah Taiwan karena jumlah konsumtifitas kosmetik dan skincare di Taiwan juga  cukup banyak. 

Namun untuk jenis kosmetik biasanya dikenakan bea cukai pengiriman dari Indonesia ke Taiwan misalnya. Bea cukai yang diambil bisa sampai 20% hingga 30% dari harga barang tersebut. Beban bea cukai tersebut harus dibayar oleh pihak penerima barang atau produk. Namun bisa juga dibebankan pada pihak pengirim barang yang sudah melakukan persetujuan dengan pihak penerima di Taiwan.

4. Barang Elektronik

Jenis barang eletronik seperti TV, DVD, CPU, Keyboard, Sparepart, Mainan Anak yang menggunakan baterai juga diperbolehkan untuk di ekspor ke Taiwan. Hanya saja untuk baterai mainan biasanya tidak di ijinkan. Jadi hanya barang atau mainanya saja tanpa perlu baterainya. Biaya ongkir ke Taiwan untuk jenis barang elektronik biasanya dipatok harga yang sama dengan jenis barang lainnya.

Biaya estimasi pengiriman produk elektronik masih berdasarkan berat dan juga ukuran barang. Namun hanya saja perlu ada biaya tambahan lainnya seperti tambahan jasa asuransi pengiriman barang. Pihak jasa ekspedisi akan menyarankan Anda untuk memakai jasa tersebut demi mengurangi atau meminimalisir tingkat kerusakan barang atau produk yanag dikirimkan.

Nah itu tadi informasi beberapa barang atau produk yang bisa dikirim ke luar negeri. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam mengetahui jenis-jenis barang yang boleh di ekspor melalui ekspedisi yang ada di Indonesia. Semoga juga bisa membantu Anda dalam mengetahui biaya atau tarif pengiriman barang atau produk ke luar negeri khususnya ke Taiwan.