Mengenal Kebebasan Finansial dan Cara Mendapatkannya

 

Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial merupakan keadaan di mana Anda dapat mencapai keinginan Anda tanpa melakukan upaya kerja keras atau khawatir dengan berapa banyak uang yang Anda keluarkan. Ini karena mereka bisa menerima pendapatan pasif bahkan di waktu luang mereka. 

Cara Mencapai Kebebasan Finansial

Pendapatan pasif berasal dari bisnis, investasi, atau aset lainnya. Tidak heran jika banyak orang mendambakan hal ini, tetapi Anda mungkin bisa menjadi salah satunya. Tidak mungkin mencapai kebebasan financial tanpa adanya persiapan. 

1. Mencatat keuangan

Kebebasan finansial bisa dimulai dengan mengelola keuangan Anda. Cara yang baik untuk mengelola keuangan Anda dimulai dengan menghitung uang yang Anda terima dan belanjakan. Anda dapat melakukannya di aplikasi khusus pencatatan atau bisa membuat laporan keuangan sendiri menggunakan Excel. 

Catatan keuangan ini ada untuk membuka mata Anda tentang bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Di sini Anda akan tahu persis hal apa yang menghabiskan uang paling banyak. Dengan mengawasi keuangan sendiri akan membantu Anda lebih mengontrol pengeluaran. 

2. Melunasi utang

Utang menjadi salah satu penyebab terhambatnya kebebasan finansial. Selalu berusaha untuk melunasi hutang Anda bahkan jika memungkinkan, hindari utang apalagi utang untuk konsumsi saja. Berbeda cerita lagi karena akan lebih baik jika utang digunakan dalam bisnis. Pasalnya tunggakan konsumsi selalu ada dan bisa meningkat membuat utang akan terus bertambah. Berbeda dengan bisnis yang membutuhkan utang memang untuk keperluan usaha. 

3. Investasikan 10—20% gaji bulanan

Hidup bukan hanya untuk saat ini, Anda perlu merencanakan dengan jelas tujuan keuangan yang ingin Anda capai di masa depan. Tergantung pada tujuan keuangan Anda, yaitu jangka pendek, menengah atau panjang, Anda harus memutuskan berapa lama untuk berinvestasi. 

Setelah itu, Anda nantinya dapat melakukan diversifikasi investasi sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin Anda capai. Secara umum, menetapkan tujuan keuangan dan investasi Anda akan membuat Anda tetap termotivasi untuk berinvestasi setiap bulan.

4. Hindari menggunakan kartu kredit

Kartu kredit seringkali menjadi salah satu metode pembayaran untuk berbelanja. Selain kartu kredit, beberapa aplikasi e-commerce dan dompet digital telah meluncurkan berbagai fitur pembayar seperti Beli Sekarang atau Bayar Nanti menggunakan PayLater. Berbelanja dengan kartu kredit membuat ketagihan, persentasenya tinggi, dan sulit dihentikan. 

Akibatnya, tagihan Anda menumpuk dan bunga utang Anda meningkat. Sebelum menggunakan kartu kredit, Anda harus menilai terlebih dahulu kemampuan Anda untuk membayar tagihan bulanan dan bunga. Jika memang tidak terlalu penting, hindari berbelanja menggunakan kartu kredit dan PayLater jika Anda ingin segera mencapai financial freedom.

5. Melakukan perencanaan hidup

Untuk mencapai kebebasan finansial, penting untuk merencanakan hidup Anda dengan baik. Rencana hidup yang baik juga dapat menghasilkan hasil yang baik dalam jangka panjang. Perjelas tentang apa yang ingin Anda capai untuk mencapai tujuan Anda. Setelah Anda memiliki tujuan, segera buat rencana apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya.

6. Mengatur gaya hidup

Salah satu masalah yang dihadapi banyak orang di masa mudanya adalah masalah gaya hidup. Terkadang banyak anak muda memaksakan gaya hidupnya karena tuntutan lingkungan pertemanannya. Jika masih diteruskan, ini bisa berakibat fatal. Pemborosan uang yang terus-menerus dapat memperburuk situasi keuangan Anda. Terus memaksakan gaya hidup yang tidak sesuai dengan situasi keuangan Anda membuat semakin sulit untuk mencapai kebebasan finansial.

7. Fokus pada tujuan keuangan

Salah satu tips yang juga dianggap efektif untuk mencapai kebebasan finansial adalah harus fokus. Fokus pada tujuan keuangan yang Anda rencanakan dan tahan keinginan untuk membeli barang yang sama ketika Anda melihat teman Anda memamerkan barang baru mereka di jejaring sosial. Pikirkan kembali tujuan keuangan Anda yang panjang dan direncanakan dengan cermat dan fokus lagi pada tujuan Anda untuk masa depan. 

Anda bisa mencapai kebebasan finansial dengan investasi di Peer to Peer Lending di platform Akseleran. P2P Lending memungkinkan Anda meminjamkan dana kepada mereka yang membutuhkan terutama UMKM. Kemudian dana pokok akan dikembalikan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan bersama dengan bunganya.