Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Tujuan, dan Keuntungannya

 

Jual Beli Saham

Investasi jangka panjang seperti jual beli saham sangat cocok untuk Anda yang ingin menabung untuk masa depan dan menunjang hari tua. Ya, dengan memilih investasi satu ini, maka Anda tidak perlu lagi kerepotan menyiapkan dana untuk masa depan maupun hari tua karena dananya bisa diambil dari investasi yang dilakukan.  

Lantas, apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang? 

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Sesuai dengan namanya, investasi jangka panjang merupakan penanaman aset atau modal yang membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan keuntungan. Lamanya waktu yang dibutuhkan ini biasanya bisa 1 hingga 10 tahun kedepan. 

Meski waktunya lama, tapi keuntungan yang bisa Anda dapatkan akan setimpal dengan penantian yang lama tersebut. 

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Secara mendasar, tujuan dari investasi jangka panjang ini adalah menyimpan kekayaan dan mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Selain itu, masih ada tujuan lainnya yang perlu untuk diketahui, seperti: 

Mendapatkan keuntungan secara pasif dan pasti dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan ini biasanya berasal dari dividen. 

Mempersiapkan tabungan masa depan. 

Sebagai dana pensiun, terlebih bagi para pekerja swasta yang tidak mendapatkan dana pensiun. 

Menghindari risiko finansial di masa depan. 

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih investasi jangka panjang, di antaranya: 

Masa depan Anda lebih terjamin, terutama dari keuntungan pasif. 

Terhindar dari pengaruh inflasi. 

Bisa menjadi pribadi yang lebih hemat. 

Mendapatkan keuntungan tetap dalam jangka waktu tertentu. 

Tidak perlu memantau pergerakan saham setiap waktu. 

Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut beberapa jenis investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

1. Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia. Dengan berinvestasi saham, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap tahunnya. Di mana, semakin besar nilai investasi Anda, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

2. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan maupun entitas pemerintahan dengan jangka waktu tertentu. Biasanya, sebuah perusahaan atau pemerintah akan menawarkan obligasi kepada para investor yang lengkap dengan bunga yang wajib dibayar kreditur serta tanggal jatuh temponya. 

3. Properti

Properti merupakan jenis produk investasi yang memberikan keuntungan sangat tinggi dan modal yang besar. Dengan memilih berinvestasi pada instrument satu ini, maka peluang Anda merugi pun sangat kecil. 

Itulah dia pengertian singkat investasi jangka panjang, tujuan, dan keuntungan yang diberikannya. Yuk, mulai investasi dengan memilih instrumen investasi jangka panjang!