DDos : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

 

DDoS

 

Dunia internet saat ini bagi orang awam yang hanya sebagai penikmat, melihatnya tidak pernah ada masalah. Namun tidak jarang beberapa website yang terkena Ddos. Ddos adalah hal yang membuat pemilik website merasa khawatir. Tetapi tenang, Cloud Provider Indonesia bisa mengatasi masalah tersebut. 

Apa Itu Ddos?

DDos (Distributed Denial of Service) adalah sebuah gangguan yang disengaja oleh para hacker untuk menyerangan jaringan internet. Kemudian akan memberikan traffic palsu secara berlebihan kepada server atau sistem sehingga membuatnya error. Sehingga website yang terkena tidak bisa Anda akses atau buka seperti biasa.

Ciri - Ciri Terkena Ddos

Jika penasaran apakah website Anda terkena Ddos, berikut ini ciri - ciri ketika terjadi hal tersebut, antara lain :

1. Internet Lambat

Ciri - ciri yang pertama yaitu mengenai internet. Untuk internet sendiri nantinya saat Anda ingin membuka website atau file akan terasa lambat. Dalam keadaan yang penting memang akan membuat pengunjung akan terasa kesal karena sangat lama loadingnya. .

2. Adanya Traffic Tidak Wajar

Berikutnya ciri - ciri dari serangan Ddos adalah munculnya traffic yang tidak wajar. Ketika terjadi hal tersebut, website akan menerima traffic dengan profil pengunjung serupa seperti lokasi, jenis perangkat, dan lainnya. Kemudian traffic yang tidak wajar ini akan terus berulang - ulang masuk dan memenuhi sistem sehingga terjadi error. 

3. Terjadi Spam Email

Masalah yang akan muncul berikutnya yaitu secara tiba - tiba banyak email yang masuk. Email tersebut akan masuk secara bersamaan dengan sumber pengirim yang serupa. Hal ini juga akan menjadi pertanda ketika website Anda terkena serangan dari para hacker. 

Cara Mengatasi

Selanjutnya terdapat cara untuk mengatasi jika website Anda mengalami Ddos. Caranya, antara lain :

1. Pantau Traffic Secara Berkala

Cara yang pertama untuk mengatasi Ddos adalah memantau traffic website Anda secara berkala. Dengan cara seperti ini nantinya Anda dapat melihat kondisi tren traffic website. Jika Anda nantinya menemukan profil pengunjung yang tidak wajar dan meningkatkan traffic secara drastis maka segera tindak lanjuti. 

2. Tingkatkan Penyimpanan Server

Anda dapat melakukan pencegahan dengan cara meningkatkan penyimpanan server website Anda. Dengan cara seperti itu maka akan meminimalisir atau siap jika tiba - tiba muncul lonjakan traffic. Sehingga Anda harus mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai tingkatan traffic website.

3. Terapkan CDN

Selanjutnya Anda dapat menerapkan CDN (Content Delivery Network). Nantinya CDN akan bertugas untuk memfilter request yang tidak normal di dalam website Anda melalui sistem yang sudah ada. 

Sudah Paham Dengan Ddos?

Dengan demikian, Ddos merupakan tindakan yang sangat merugikan pemilik website sehingga harus melakukan pencegahan segera. Lalu cara di atas bisa Anda coba, semoga berhasil!.